Apa Itu Dosing Pump Dan Bagaimana Cara Kerjanya? 

Apa Itu Dosing Pump Dan Bagaimana Cara Kerjanya 

Panduan untuk mempelajari apa itu pompa pengukur dosing pump dan cara kerjanya. 

 

Apa itu pompa dosis / Dosing Pump? 

Pompa metering, yang merupakan pompa perpindahan positif, digunakan untuk menyuntikkan bahan kimia atau zat lain ke dalam aliran air, gas, atau uap.

Biasanya pompa dosis / Dosing Pump kecil menghasilkan laju aliran yang sangat presisi untuk kontrol maksimum.

Mereka adalah komponen utama dari sistem dosis terintegrasi  untuk dispersi otomatis bahan kimia.

Definisi meteran ini berlaku untuk berbagai aplikasi dan industri, mulai dari pengolahan air limbah hingga pengolahan

 

Contoh aplikasi pompa pengukur

Selain industri pengolahan makanan dan air, pompa pengukur, juga dikenal sebagai pompa pengukur kimia, digunakan di pabrik industri, pertanian,  fasilitas manufaktur, laboratorium medis, dan operasi pertambangan.

 

pompa dosis / Dosing Pump kimia dapat digunakan untuk menambahkan bahan kimia kaustik atau asam ke tangki penyimpanan air untuk menetralkan pH.

Ini juga dapat digunakan sebagai pompa klorin untuk membunuh bakteri.

pompa dosis / Dosing Pump  kimia dirancang untuk beroperasi dalam situasi sulit, seperti:

suhu tinggi dan lingkungan bertekanan tinggi 

 

Bagaimana cara kerja pompa pengukur / dosing pump chemical?

 

Pompa pengukur menarik sejumlah cairan  terukur ke dalam biliknya dan menyuntikkan bahan kimia ke dalam tangki atau tabung yang berisi cairan yang akan diukur.

Hal ini didukung oleh motor listrik atau aktuator udara dan memiliki pengontrol yang menghidupkan dan mematikan pompa dan mengatur laju aliran Beberapa model memiliki sistem kontrol yang lebih canggih Bagian dari sistem dosis kimia.

 

Komponen utama dari pompa dosis / Dosing Pump meliputi:

Komponen utama dari pompa dosis Dosing Pump meliputi berikut
sumber : wavecontrol.ca
  • Chemical Container or Tank / Wadah atau tangki kimia – berisi produk yang akan diberi dosis 
  • Pompa – bervariasi dalam bahan dan ukuran; termasuk suction, suction dan metering lines.
  • injektor – katup satu arah di mana bahan kimia disuntikkan ke dalam produk; mengatasi tekanan di saluran dan memungkinkan bahan kimia mengalir ke dalam cairan.
  • Foot Valve / Katup kaki: katup satu arah yang terhubung ke saluran hisap; Itu dimasukkan ke dalam tong produk dan menjaga pompa tetap prima.
  • Dosing line / Garis dosis: selang atau pipa keras yang diperkuat ; itu bisa PE, PVC atau stainless steel untuk aplikasi tekanan tinggi.
  • Sistem kontrol: memastikan akurasi; Itu dapat dihidupkan dan dimatikan pada waktu tertentu. Ini dapat berkisar dari pengatur waktu atau sakelar aliran sederhana ke sistem kontrol SCADA pusat  untuk banyak sensor dan kemampuan untuk berintegrasi ke dalam sistem yang lebih besar.

 

Tipe Dosing Pump

Pompa  dirancang untuk berbagai tekanan, bahan kimia, dan aplikasi.

Mereka bervariasi dengan aksi dan mekanisme pemompaan.

  • Diaphragm Pumps / Pompa diafragma (injeksi konstan) menggunakan diafragma, piston, dan katup di saluran masuk dan keluar untuk mengisi dan mengosongkan biliknya. Fungsi Hisap pada plunger mengisi ruang dan sejumlah bahan kimia tertentu disuntikkan pada tingkat yang telah ditentukan, biasanya persentase dari laju aliran maksimum. Model pompa tertentu dapat memvariasikan tingkat dosis.
  • Diaphragm pumps / Pompa diafragma (injeksi pulsa) juga menggunakan mekanisme diafragma, tetapi alih-alih laju aliran konstan,  solenoida mengambil bahan kimia dan menyuntikkannya ke dalam pulsa. Laju aliran adalah  waktu antara pulsa. Ini kurang tepat daripada pompa injeksi konstan, tetapi konstruksinya sederhana  dan murah. 
  • Lobe pumps / Pompa lobus putar memungkinkan volume cairan tertentu untuk melewati impeler roda gigi. Ini tidak setepat pompa diafragma dan hanya bagus untuk cairan dengan viskositas tinggi yang  melumasi dirinya sendiri untuk meminimalkan keausan. Mereka tidak dirancang untuk laju aliran rendah, karena akurasinya sulit dipastikan.
  • Peristaltic pumps / Pompa peristaltik sangat presisi saat mengeluarkan. Tabung melengkung yang fleksibel memungkinkan cairan lewat, dan alirannya dikendalikan oleh roller yang berputar melalui mekanisme pompa. arm  pindah ke luar. Ini memaksa produk dalam tabung ke dalam tabung pengeluaran dan aliran cairan utama.

Pulsafeeder menawarkan sistem dan pompa dosing atau dosing pump yang andal dan andal untuk aplikasi industri.

Scroll to Top
WhatsApp
Hello Saya Ira
dari PulsaFeeder Indonesia.
apakah ada yang bisa saya bantu untuk detail produknya?